Jumat, 07 Agustus 2020

Lembaga Penjaminan Mutu UIN Alauddin Makassar

Pusat Penjaminan Mutu Workshop Spesifikasi Program Studi

 

b_300_0_16777215_0___images_img_0221.jpgPusat Penjaminan Mutu Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar menggelar Workshop Teknik Spesifikasi Program Studi, Rabu (19/05/2010) di gedung rapat senat universitas, rektorat lantai empat, Kampus II Samata.

Workshop yang digelar pusat penjaminan mutu ini, menghadirkan sekertaris Jaminan Mutu Universitas Gajah Mada (UGM) Drs Sajarwa M Hum sebagai narasumber.

Menurut Sajarwan, ujung tombak jaminan mutu suatu universitas, sebenarnya berada pada prodi, bukan di fakultas ataupun di rektorat. ?Prodi yang memiliki mutu yang baik dapat mengangkat nama suatu universiats,? ujarnya.

Lebih lanjut pria yang baru-baru ini mempersentasikan spesifikasi program studi UGM di Eropa, menjelaskan, Ditjen Dikti dalam waktu dekat akan meminta spesifikasi setiap program studi dari semua universitas. ?Jadi sekarang setiap prodi harus mulai membuat spesifikasi program studinya masing-masing,? imbuhnya.

Workshop teknik spesifikasi program studi ini akan berlangsung selama dua hari, akan diajarkan cara menyusun spesifikasi dan profil program studi.

?Workshop ini akan menghasilkan profil suatu prodi yang terdiri atas eligibilitas, visi-misi, sejarah singkat, jenjang yang dikelolah, mahasiswa dan dosen suatu prodi,? terang Kepala Pusat Penjaminan Mutu UIN, Zulfahmi Alwi Ph.D.

?Profil yang dihasilkan akan dilengkapi oleh masing-masing prodi hingga datanya lengkap? tambahnya lagi.

Workshop yang dibuka pembantu rektor bidang kemahasiswaan, selaku kuasa rektor Dr H Salehuddin Yasin M.Ag. Dihadiri 135 orang peserta dari ketua jurusan, sekertaris jurusan dan perwakilan dosen dari 45 prodi yang ada di UIN.