Minggu, 22 Oktober 2017

Lembaga Penjaminan Mutu UIN Alauddin Makassar

LPM UIN Alauddin Terima Kunjungan LPM IAIN Surakarta

 

b_300_0_16777215_0___images_lpm_terima_lpm_surakarta.jpgLembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Alauddin Makassar menerima kunjungan LPM IAIN Surakarta Kamis (11/12/2014) di Kantor LPM Lantai III Gedung Rektorat UIN Alauddin Makassar. Kunjungan LPM IAIN Surakarta ini di sambut oleh para pimpinan LPM UIN Alauddin: Ketua dan Sekretaris Lembaga Penjaminan Mutu, Kepala Pusat Audit dan Pengendalian Mutu, Kepala Pusat Pengembangan Standar Mutu, dan Staf Ahli LPM UIN Alauddin. Pada acara penyambutan tersebut Ketua Lembaga Penjaminan Mutu, Prof. Dr. Sabri Samin, M.Ag., memperkenalkan para pimpinan dan staf Lembaga Penjaminan Mutu UIN Alauddin, termasuk para Staf Ahli Perwakilan Fakultas.

Kedatangan tim dari LPM IAIN Surakarta ini untuk melakukan studi banding terkait dengan tata kelola sistem administrasi penjaminan mutu di UIN Alauddin Makassar. Salah seorang dari perwakilan LPM Surakarta menyampaikan bahwa program penjaminan mutu yang dilaksanakan di institusi mereka masih terbatas. Kegiatan yang mereka lakukan antara lain Audit Mutu yang berfokus pada standar 1 dan 5, serta pemeriksaan Beban Kerja Dosen. Oleh karena itu, mereka berharap melalui kunjungan tersebut bisa belajar bagaimana LPM UIN Alauddin mengembangkan program penjaminan mutunya, papar Hidaya yang didampingi Ahmad Nugroho, Ade Setiawan, dan Wontu Reza.

Sekretaris Lembaga Penjaminan Mutu, Zulfahmi Alwi, Ph.D., pada kesempatan tersebut memaparkan mengenai program dan sistem tata kelola pada LPM UIN Alauddin. Beliau menjelaskan beberapa program yang bersifat massif yang dilaksanakan oleh LPM UIN Alauddin. Program tersebut antara lain: Penyusunan Kurikulum UIN Alauddin Makassar, Peyusunan SAP, Pelaksanaan AMAI, Rancang Bangun Sistem Penjaminan Mutu, serta Penyusunan Modul Pembelajaran berbasis STILeS. Beliau juga banyak memberikan saran terkait langkah-langkah pengembangan institusi lembaga penjaminan mutu. Acara kunjungan tersebut kemudian diakhiri dengan penyerahan cendera mata dari kedua lembaga.


Artikel sebelumnya:
Artikel sesudahnya: