Jumat, 15 Desember 2017

Lembaga Penjaminan Mutu UIN Alauddin Makassar

LPM Gelar Pertemuan Penyusun dan Reviewer Modul Pembelajaran STILeS

 

b_300_0_16777215_0___images_lpm_gelar_pertemuan_reviewer.jpgDalam rangka perampungan Modul Pembelajaran Berbasis STILeS (Student Teacher Integrated Learning System) Tahap Pertama UIN Alauddin Makassar, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Alauddin Makassar menggelar pertemuan antara reviewer modul dan penyusun modul Senin (15/12/2014) di Gedung Rektorat UIN Alauddin Makassar. Pertemuan tersebut melibatkan 60 penyusun modul dan 60 reviewer modul yang berasal dari berbagai Konsorsium Bidang Ilmu dalam lingkup UIN Alauddin Makassar. Untuk memudahkan koordinasi, reviewer dan penyusun modul dikelompokkan berdasarkan fakultas.

Pertemuan tersebut dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada para reviewer untuk mereview dan memberikan masukan kepada para penyusun modul terkait dengan modul mata kuliah yang telah disusun. Berdasarkan pada panduan yang dibagikan kepada masing-masing reviewer, aspek yang mereka review antara lain: kesesuaian sasaran pembelajaran dengan kompetensi lulusan, materi, model pembelajaran yang diadopsi dan langkah-langkah pelaksanaannya, serta kesesuaian cara dan konten evaluasi terhadap sasaran pembelajaran. Para reviewer yang ditunjuk tersebut merupakan dosen yang berasal dari konsorsium bidang ilmu yang sama dengan penyusun modul mata kuliah.

Ditemui di ruang kerjanya, Sekretaris Lembaga Penjaminan Mutu, Zulfahmi Alwi, Ph.D., menjelaskan bahwa kegiatan penyusunan Modul Pembelajaran berbasis STILeS ini merupakan tahap pertama dan akan melahirkan 60 modul mata kuliah yang mana setiap mata kuliah memiliki masing-masing dua modul; satu modul untuk dosen dan satu modul untuk mahasiswa. Jadi, untuk tahap pertama akan lahir modul sebanyak 120 buku. Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa kegiatan penyusunan modul pembelajaran berbasis STILeS ini akan terus dilanjutkan hingga tiga tahun kedepan sebagai rangkaian kegiatan Gerakan Pembaruan Pembelajaran (GPP) UIN Alauddin Makassar. Beliau berharap pada tahun 2017 semua mata kuliah dalam lingkup UIN Alauddin yang berjumlah lebih dari 3.000 akan memiliki modul pembelajaran yang berbasis STILeS. Diharapkan modul yang telah disusun tersebut akan menjadi salah satu referensi utama dalam melaksanakan pembelajaran di UIN Alauddin Makassar.


Artikel sebelumnya:
Artikel sesudahnya: