Minggu, 22 Oktober 2017

Lembaga Penjaminan Mutu UIN Alauddin Makassar

Gambaran Singkat

Pelaksanaan sistem Penjaminan Mutu Perguruan tinggi (SPMPT) bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan mutu perguruan tinggi secara berkelanjutan, yang dijalankan oleh suatu perguruan tinggi secara internal untuk mewujudkan visi dan misinya, serta untuk memenuhi kebutuhan stakeholders melalui penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Sejak tahun 2007, Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar telah menerapkan SPMPT yang dikoordinasikan dengan Pusat Peningkatan dan Penjaminan Mutu (P3M), dalam rapat pengurus P3M disela-sela diskusi oleh Hamdan, Ph.D. mengusulkan nama yang lebih populer dalam akronim bahasa Inggris yaitu CeQuence (Center for Quality Development and Assurance). Pada awalnya, badan ini bernama Unit Peningkatan Mutu Akademik IAIN/UIN Alauddin Makassar yang dinahkodai oleh Drs. Abd. Rahman Barakatu, M.Pd., kemudian direvisi menjadi Pusat Peningkatan dan Penjaminan Mutu ( SK Rektor no.166A Tahun 2007) dengan melantik Zulfahmi Alwi, Ph.D sebagai Kepala Pusat yang baru tanggal 16 Mei 2007. Pada tanggal 20 Juni 2007 dibentuk pengurus CeQuence dengan penambahan Sekretaris dan anggota bidang melalui SK Rektor no.166B Tahun 2007. Kemudian tanggal 20 Juni 2008 dilakukan revisi Personalia CeQuence yang diangkat oleh Rektor dan bertanggungjawab langsung kepada Rektor.

Sejak dibentuk, CeQuence telah melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai suatu lembaga yang profesional melalui pelaksanaan program/kegiatan (lihat kegiatan CeQuence tahun 2007 dan 2009).Meskipun CeQuence telah banyak melaksanakan kegiatan, namun masih banyak hal yang harus dikembangkan dalam rangka meningkatkan mutu secara berkelanjutan (Continues quality improvement), terkait dengan pengembangan dan pengelolaan sistem Penjaminan Mutu, baik di tingkat Universitas maupun di tingkat fakultas, jurusan/prodi, lembaga dan unit-unit kerja lainnya.

 
Portal Akademik
Portal SDM
Portal Aset
Digilib UINAM
DSS UINAM
EJurnal
BAN PT
SERDOS
DIKTI

Layanan Lainnya

fb2 03fb2 05